Oleh Oleh Makanan Khas Aceh

Selain dikenal memiliki wisata alam yang memukau, Aceh juga punya beragam kuliner enak dengan cita rasa yang khas. Kalau main ke Aceh, kamu bisa mencicipi banyak makanan dengan ciri khas rempah yang kuat.

Oleh Oleh Makanan Khas Aceh

Karenanya banyak sekali turis dari Banda Aceh yang kebingungan untuk membeli apa saja cinderamata dan makanan khas yang terkenal untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Simak oleh-oleh khas Aceh berikut ini:

5 Oleh Oleh Makanan Khas Aceh Yang Terkenal

Oleh Oleh Khas Aceh

  • Kue Bhoi

Berkunjung ke Aceh, kita akan berjumpa salah satu panganan khas yang bernama Kue Bhoi. Kudapan ini sejatinya adalah sejenis kue bolu, tapi memiliki ciri khas yang berbeda.

Bhoi adalah sejenis kue bolu, berbahan tepung beras, telur bebek dan gula pasir. Seiring perkembangan zaman, bahan pembuat bhoi kini mulai disesuaikan dengan kesukaan masyarakat.

Kue bhoi berbahan tepung beras akan tahan lama dan awet, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh kalau anda datang berkunjung ke Aceh.

  • Kopi Aceh Gayo

Kopi Aceh Gayo sudah terkenal hingga menjadi salah satu kopi terbaik di dunia. Kopi asal Sumatra Utara ini menjadi salah satu kopi single origin yang berhasil menjuarai beberapa kontes kopi Internasional. Kini Sentra kopi mengadirkan Kopi Bubuk Arabica Aceh Gayo dalam bentuk kopi bubuk siap seduh.

Jika kamu tertarik menjadikan kopi Aceh sebagai oleh-oleh untuk orang-orang tercinta, maka anda bisa mulai mencarinya di daerah Ulee Kareng, Banda Aceh. Kopi yang telah mendunia ini sangat tepat untuk memanjakan orang-orang terdekat kalian, terlebih mereka yang menyukai dan mencintai minuman dengan rasa asam, pahit dan manis.

  • Kue Adee Meureudu Khas Aceh

Kue sejenis bikang ini, sekarang menjadi oleh-oleh favorit bagi pengguna jalan yang kebetulan melintasi kawasan Meuredu. Ada dua varian dari Kue Adee ini yaitu adee tepung yang berbahan dasar terigu dan ada adee ubi yang berbahan dasar singkong.

Kue Adee ini merupakan salah satu dari sekian banyak kuliner Aceh yang dapat dijadikan oleh-oleh khasnya untuk sanak keluarga yang berada di luar Aceh. Kua ini sebelum di jual, biasanya masih dipajang dalam loyang-loyang tempat dimasaknya. Jika ada pembeli kue ini baru dipindahkan ke kotak atau plasting sesuai dengan keinginan pembeli.

  • Ikan Kayu

IKAN Kayu adalah salah satu oleh-oleh khas Aceh yang biasa disebut keumamah. Sejarah makanan ini muncul karena Aceh yang kerab dilanda perang berkepanjangan membuat warganya siaga dan menyesuaikan diri untuk bertahan hidup. Ikan kayu mempunyai tekstur keras.

  • Keripik Saree

Di Aceh, keripik singkong termasuk camilan yang lazim dihidangkan untuk tetamu di hari raya. Camilan ini diletakkan dalam stoples bersama penganan-panganan khas Aceh lainnya.

Keripik Khas Saree memang kerap dijadikan oleh-oleh jika hendak pergi atau pulang dari Banda Aceh. Harganya sendiri bervariasi, mulai dari 5 ribu perkilo, 10 ribu, 15 ribu, 20, ribu, dan 25 ribu rupiah.